Jumat, 09 Januari 2009

Tips Setelan Karburator Mengikuti Knalpot Racing

Biasanya kita kurang puas dengan suara dan tarikan knalpot standar bawaan pabrik, apalagi buat anak muda, lebih suka suaranya yang nge-bass daripada adem ayem seperti standar pabriknya.Tips Setelan Karburator Mengikuti Knalpot

Perubahan knalpot ini tentunya harus diikuti dengan perubahan pengaturan spuyer di karburator yang bertugas menyuplai bahan bakar ke mesin. Biasanya cukup menaikkan angka pilot jet 1 atau 2 tingkat, misalnya untuk supra pilot jet dinaikkan dari 38 ke 40.

Selain spuyer, hal lainnya yang perlu disetting adalah posisi jarum klep di karburator, coba diturunkan sekitar 1 atau 2 langkah missal dari posisi 3 ke posisi 4, kemudian jangan lupa setel setelan angin dibikin 2 putaran ke arah luar, biar nggak ada efek nembak saat gas ditutup.

Setelah itu biar BBM agak irit, maka boks filter jangan dilepas dan cek kondisi pembakaran pada warna busi. Pembakaran yang ideal menghasilkan warna busi coklat muda dan kering, kalau warnanya terlihat coklat tua dan basah berarti harus disetel lagi setelan anginnya.

Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar: