Selasa, 10 Februari 2009

Berita: Jurus Melawan Karat Pada Motor

Musim hujan tiba, banjir atau genangan air di jalan tidak dapat dihindari. Anda harus mulai waspada dan hati – hati, karena setelah melewati kubangan atau genangan air, kotoran yang nempel bisa dengan cepat menimbulkan karat. Nah berikut adalah beberapa bagian dari tunggngan besi Anda, yang harus Anda perhatikan.



REM CAKRAM
Bagian ini termasuk gampang terkena karat. Maklum komponen hampir semua terbuat dari logam. Apabila terjadi korosi sangat bahaya karena akan mengunci terus.
Untuk itu Pegangan kaliper harus sering dibersihkan. Cara membersihkannya setelah dibuka bisa disemprot angin kompresor.
Kemudian komponen tadi dioles gemuk putih (paslin) atau yang tahan panas. Pabrikan juga memberikan gemuk putih pada bagian ini pada motor baru sebelum dilempar ke dealer. Hal itu bisa dicek ketika bongkar kaliper saat motor masih baru. Pasti ada sisa grease itu.

KNALPOT
Ini bagian akrab dengan karat jika sering ketemu air yang punya kandungan asam tinggi. Apalagi jika terjadi perubahan drastis dari panas langsung ditimpa air dingin secara tiba-tiba. Korosi makin tinggi jika ketemu air hujan atau air laut. Biasanya silencer cepat keropos. Bahannya lebih tipis dibanding header.
Cara mengatasinya bisa dengan rutin di kasih oli. Dan rajin dibersihkan saat kena air hujan atau air laut. Jangan dibiarkan sampai lama yang justru akan mempercepat korosi.


TROMOL BELAKANG
Tromol, terutama per serta baut kampas rem adalah bagian lain yang juga sering terkena dampak korosi. Kalau Anda menservis, jangan lupa dibuka. Bersihkan per dan baut sekitar. Olesi juga per pakai grease. Sehingga terhindar dari karat yang bisa bikin rem macet.
Baut sekitar kaki belakang, seperti as roda dan baut sok juga harus sering diberi pelumas. Kalau kena air laut atau hujan, tapi enggan dibersihkan juga rawan karat. Akibatnya susah dibuka. Banyak yang jadi slek karena susah dibuka.


BUSHING SWING-ARM
Daerah sambungan atau bushing swing-arm juga rentan. Jika karatnya dekat dudukan shockbreaker, shockbreaker bisa patah karena dimakan karat. Selain itu juga akan menimbulkan suara berisik seperti engsel pintu karatan. Karena itu setelah melewati banjir atau air laut harus segera dibersihkan.
Untuk merawatnya hampir sama dengan komponen lain. Cukup mengoleskan oli atau cairan antikarat. Dengan perawatan rutin, arm akan awet dan motor tidak berisik lagi.



ANTIKARAT MURAH MERIAH:

Cara mudah membuat cairan antikarat. Dengan mencampur oli bekas dengan minyak tanah. Campurannya bisa 70% oli bekas dan 30% minyak tanah. Cara pakainya tinggal oleskan ke bagian motor yang kemungkinan terendam air atau berpotensi karat. Membuat campuran seperti ini tentunya jauh lebih murah. Coba bandingkan dengan membeli antikarat atau penetran seperti WD40

Tidak ada komentar: