Kamis, 16 Juli 2009

Remote Access melalui Internet Menggunakan TeamViewer

Remote Access melalui Internet Menggunakan TeamViewer: Sederhana – Cepat dan Aman.

(Oleh: Nugroho Agus H., M.Si., Koran Kampus Duta Wacana, Vol. 2/No.03, Nov 2008, untuk Gambar tidak diupload di sini)

Melanjutkan tulisan sebelumnya, Efisiensi Kerja Menggunakan Remote Desktop Connection, berikut ini akan diberikan salah satu alternatif menerapakan koneksi remote desktop menggunakan software bantuan yang dibuat oleh TeamViewer.

Remote Dekstop Connection menggunakan windows, yang tidak menggunakan web koneksi, ternyata mempunyai beberapa kelemahan, antara lain tidak dapat melewati proxie atau pun firewall dan hanya terbatas untuk jaringan yang dikenali saja. Dalam tulisan ini diperkenalkan sebuah software yang gratis yang dapat digunakan untuk remote desktop dengan mudah dan dapat melewati proxy maupun firewall, yaitu TeamViewer.

Dengan menggunakan TeamViewer, Anda dapat melakukan remote access komputer Anda tanpa ada kekuatiran akan diblok oleh firewall maupun proxie. Anda juga dapat menggunakan koneksi internet untuk melakukannya. Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan online assistance atau menunjukkan layar anda kepada pelanggan Anda.

Beberapa kelebihan TeamViewer antara lain:

*

Kemudahan dalam menggunakan: TeamViewer bersifat ready to use, tinggal download, jalankan dan mulai, koneksi akan terjadi kurang dari satu menit. Anda tidak diharuskan melakukan instalasi software dan registrasi. Anda bisa langsung menjalankan aplikasi ini di kedua komputer, memasukkan ID dan Password, maka kedua komputer akan langsung terhubung. Untuk menghentikannya, Anda tinggal menutupnya.
*

Aman: keamanan dan privacy menjadi fokus kerja dari TeamViewer, karena harus bekerja melalui internet. Lalu lintas data dienkripsi penuh dengan pengkodean RSA asimetris dan AES (256 Bit). Serupa dengan estándar yang diterapkan pada https/SSL yang menjadi standar keamaan saat ini. Pertukaran kunci (password) antar client juga dijamin penuh. TeamViewer juga menjamin perlindungan akses dengan cara memberikan sebuah password untuk setiap session, artinya password akan selalu berubah setiap kali mau memulai menggunakan software ini. Hal ini untuk memastikan terlindungi remote system dari pengaksesan pihak-pihak yang tidak berwenang. Beberapa level keamanan juga memerlukan konfirmasi manual dari rekan kerja yang di remote system. Untuk alasan perlindungan data, rekan kerja yang berada di remote system juga dapat melihat dan mendeteksi jika seseorang sedang mengakses komputernya.

*

Akses menggunakan jalur internet: Jalur yang digunakan TeamViewer adalah internet, jadi asalkan kedua komputer Anda terhubung dalam jaringan, dan jaringannya terhubung dengan internet, maka Anda dapat melakukan remote access.
*

File transfer: TeamViewer memberi fasilitas untuk copy file antara folder di komputer anda dengan folder di komputer rekan Anda.
*

Tersedia Produk yang gratis: Walaupun TeamViewer mempunyai berbagai variasi harga yang terjangkau dari $250 sampai dengan $1400, namun TeamViewer juga tersedia dalam versi yang gratis yang dapat digunakan untuk kegiatan non-komersil, dengan fitur yang standar.
*

Bagaimana menggunakan TeamViewer?

Untuk menggunakan TeamViewer sangatlah mudah, berikut ini diberikan gambaran penggunaannya:

Pertama: Bila ingin menggunakan yang gratis, Anda dapat mendownload file TeamViewer-Setup.exe, sebesar 1,6 MB, dari url: http://teamviewer.com.

Kedua: Anda tinggal menjalankan file yang sudah Anda download dengan double-click. Selanjutnya akan muncul dua pilihan, yaitu run untuk langsung menjalankan tanpa insntall di komputer atau install jika ingin menginstall di komputer Anda. Pilih saja run, dan akan langsung muncul halaman utama TeamViewer sperti pada Gambar 1.



Bagaimana menggunakan TeamViewer?

Untuk menggunakan TeamViewer sangatlah mudah, berikut ini diberikan gambaran penggunaannya:

Pertama: Bila ingin menggunakan yang gratis, Anda dapat mendownload file TeamViewer-Setup.exe, sebesar 1,6 MB, dari url: http://teamviewer.com.

Kedua: Anda tinggal menjalankan file yang sudah Anda download dengan double-click. Selanjutnya akan muncul dua pilihan, yaitu run untuk langsung menjalankan tanpa insntall di komputer atau install jika ingin menginstall di komputer Anda. Pilih saja run, dan akan langsung muncul halaman utama TeamViewer sperti pada Gambar 1.(tidak disertakan dalam tulisan ini)



Tunggu beberapa detik, Anda akan mendapat ID dan password dari TeamViewer, dan status koneksi Anda akan berubah dari “Only LAN connection are possible” menjadi “ Ready to connect (secure connection)”.

Pada menu sebelah kiri, Wait for session, memberikan informasi ID Anda dan password yang diberikan oleh TeamViewer kepada Anda sebagai identitas komputer dan session Anda. Pada menu sebelah kanan, Create session untuk menjalankan koneksi dengan partner Anda. Anda harus memasukkan ID dan password partner Anda, serta memilih salah satu dari Remote support, Presentation, File transfer, atau VPN. Pilih saja Remote support untuk melakukan remote access. Kemudian click button Connect to partner. Tinggal melakukan remote access. Bila bisa berjalan, Anda perlu mengatur terlebih proxy nya, dengan masuk ke menu Extras  Options  Proxy Settings seperti terlihat dalam Gambar 2. Bila jaringan Anda tidak menggunakan proxy, pilih No Proxy, bila menggunakan proxy, pilih Use web browser proxy settings, atau proxy khusus

Tidak ada komentar: