Sabtu, 27 Juni 2009

Google Maps - Aplikasi GPS Alternatif di Hanphone Anda

Anda tahu dan pernah mencoba Google Earth? aplikasi ini mirip dengan aplikasi Google Earth, bahkan bisa dikatakan Google Maps merupakan aplikasi Google Earth versi mobile. Aplikasi ini memang diperuntukan bagi para pengguna handphone, baik itu handphone berbasis Symbian (Nokia), Java (Sony Ericsson), dan Windows Mobile (PDA Phone).

Hampir mirip dengan GPS yang ada di handphone-handphone terkini, aplikasi ini pun memiliki fungsi yang boleh dikatakan serupa dengan GPS. Namun bedanya, GPS memerlukan peralatan khusus yang tertanam di handphone atau gadget lainnya, sedangkan Google Maps hanya merupakan sebuah aplikasi tanpa tambahan peralatan. Aplikasi ini juga mampu menunjukkan lokasi dimana Anda berada ketika membuka Google Maps di handphone, bahkan dapat menunjukkan lokasi keberadaan teman Anda dengan fitur Google Latitude. Namun fitur Google latitude tidak tersedia untuk handphone versi Java.

Berikut adalah fitur-fitur dari Google Maps:

1. My Location (beta version)

Fitur ini memberikan informasi dimana lokasi Anda berada saat ini tanpa adanya alat seperti GPS (hanya melalui handphone). Penunjukan lokasi ini memang tidak seakurat hasil lokasi GPS, dengan jarak kurang lebih 1000 meter. Lokasi Anda berada saat ini dikenali melalui menara pemancar sinyal operator Anda. Untuk keperluan bepergian, fitur ini sangat bermanfaat untuk menunjukkan lokasi dimana Anda sedang berada. Informasi ini secara real time, selama Anda masih mengaktifkan Google Maps di handphone.

2. Google Latitude

Fitur Google Latitude dapat memberikan informasi kepada Anda dimana lokasi teman Anda berada beserta statusnya. Informasi lokasi teman-teman Anda dapat dilihat jika teman Anda melakukan sharing lokasi tempat teman Anda berada. Fitur ini baru tersedia untuk handphone Symbian S60 3rd, Windows Mobile, and Blackberry . Untuk ponsel berbasis Java masih belum dapat menggunakan fitur ini.

3. Map and satellite views

Google Maps memberikan dua tampilan utama untuk peta yang dapat Anda lihat. Pertama adalah Map Views, tampilan Peta yang berupa tampilan gambar 2 dimensi seperti buku peta pada umumnya. Sedangkan yang kedua adalah Satellite Views, tampilan secara real yang terlihat dari satelit. dari tampilan yang kedua ini, Anda dapat melihat peta layaknya Andalah yang ada didalam satelit dengan melihat suatu lokasi secara nyata, rumah-rumah, jalan-jalan, gedung-gedung dan bahkan mobil dan kerumunan orang.

4. Zooming

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat lebih dekat lagi lokasi yang Anda tuju, dengan ketinggian maksimal 1000 meter untuk zoom maksimal. pada kondisi zoom secara maksimal, Anda dapat melihat suatu lokasi lebih dekat lagi, bahkan genteng rumah Anda pun akan terlihat.

5. Save Location

Fitur ini memungkinkan bagi Anda untuk menyimpan suatu lokasi dan mensharingnya untuk dapat dilihat oleh orang lain. Lokasi-lokasi yang telah disimpan oleh para pengguna Google Maps sangat membantu bagi seseorang dalam mencari suatu lokasi.

6. Driving directions

Dengan adanya fitur My Location, memungkinkan bagi Anda untuk mencari arah atau penunjuk jalan melalui peta. Karena fitur My Location memberikan informasi secara langsung kepada Anda tentang lokasi Anda berada saat ini, maka Anda dapat mencari arah/tujuan seperti yang terlihat pada peta.

Untuk fitur lainnya seperti Transit Direction, Business Listing, Street View, dan Traffic, hanya dapat dimanfaatkan di negara-negara tertentu saja, seperti Eropa dan Amerika.

Manfaat dari aplikasi ini sungguh terasa bagi saya. Ketika sedang bepergian kesuatu tempat dimana saya belum mengenal daerah tersebut (keluar kota), dengan aplikasi ini saya dapat mengetahui keberadaan saya saat ini dan masih seberapa jauh lagi tempat tujuan saya. Pokoknya keren banget deh, untuk mencari alamat atau tempat benar-benar sangat akurat. Selain sebagai GPS alternatif di ponsel Anda, aplikasi ini juga memungkinkan bagi Anda untuk mengetahui tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Namun saran saya, aplikasi ini sebaiknya digunakan bagi Anda yang sudah memiliki koneksi internet di ponsel secara tak terbatas (alias unlimited), karena jika mengandalkan pulsa Anda, maka bersiap-siaplah merogoh kocek lebih dalam. Karena aplikasi ini membutuhkan koneksi internet di handphone dan juga loading data yang cukup besar, kira-kira untuk melihat satu lokasi dengan zooming maksimal membutuhkan data sebesar 1MB keatas.

Anda dapat mendownload aplikasi ini secara langsung melalui handphone Anda di alamat www.google.com/gmm

Tidak ada komentar: